Alat Musik Simbal
alicdn.com

Mengenal Alat Musik Simbal yang Sudah Dimainkan Sejak Zaman Kuno

Jika membahas tentang alat musik, tentu saja nggak pernah ada habisnya. Sebab alat musik menjadi salah satu kaya akan budaya indonesia. Namun, setiap alat musik mempunyai ciri khas dan fungsi masing-masing, salah satunya yaitu alat musik simbal.

Simbal adalah salah satu alat musik perkusi yang sudah digunakan sejak zaman kuno. Salah satu negara yang terkenal dalam pembuatan alat musik ini berasal dari negara Turki.

Dimana ada beberapa merek besar yang dibuat mereka dengan bahan yang tidak diragukan lagi. Memang bagi orang awam menganggap semua jenis alat musik ansambel semuanya sama.

Padahal untuk yang pro dapat menghasilkan suara yang sangat jernih dan keras.

Jadi, mereka dapat membedakan bagus atau tidaknya dari bahan apa yang digunakan. Pada umumnya, pembuatan simbal dibuat dari bahan campuran logam yang masih dirahasiakan sampai sekarang. 

Sejarah Alat musik Simbal

Sejarah Alat musik Simbal
alicdn.com

Pada tahun 1618, simbal pertama kali dibuat dengan nama Zildjian. Nama tersebut disesuaikan dengan nama penciptanya yaitu Avedis Zildjian, seorang alkimiawan.

Dimana ia mampu menggabungkan unsur-unsur kimia, fisika, astrologi, seni, semiotika, metalurgi, kedokteran, mistisisme dan agama yang berasal dari negara Eropa yakni Armenia.

Bukan cuma itu saja, ia juga berhasil menemukan cara untuk mengubah logam menjadi sebuah logam emas. Kemudian, Avedis membuat logam dengan perpaduan aloi, yaitu campuran tanah, timah, tembaga dan perak.

Bahan tersebut dibentuk menjadi lembaran logam, lalu logam tersebut bisa menciptakan suara musik tanpa rusak saat dipukul. Hal tersebut terdengar jelas oleh seorang Sultan muda yang bernama Osman II dari negeri Utsmaniyah.

Sehingga seorang Sultan muda tersebut memberikan nama dengan dengan sebutan Zildjian. Istilah nama tersebut berasal dari bahasa Turki yang mempunyai makna seorang anak dari Armenia.

Baca Juga  Pakaian Dinas PPPK untuk Sobat Baca

Jadi usaha Avedis Zildjian nggak sia-sia, sehingga ia mendapatkan izin dari Sultan Osman II untuk memulai kegiatan bisnisnya. Tahun 1623, ia pun memulai bisnisnya di pinggiran kota Konstantinopel, Pusamania.

Baca juga: Alat Musik Siter

Jenis-Jenis Alat Musik Simbal 

Jenis-Jenis Alat Musik Simbal
alicdn.com

Perlu diketahui, alat musik simbal sangat beraneka ragam, mulai dari bentuk, ukuran, suara sampai permukaannya. Pada alat musik ansambel ini memiliki beberapa jenis alat musik yang suara yang berbeda-beda.

Untuk mengetahui apa saja jenis alat musik tersebut, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Ride cymbal – Alat Musik Simbal

Jenis simbal yang pertama yaitu ride cymbal yang ukurannya sekitar 20 inci. Di mana, suara yang dihasilkan cenderung bersih. Jenis simbal ini fungsinya sama dengan simbal hit-hat, yakni untuk iringan maupun rhythm.

2. Simbal Hit-Hat – Alat Musik Simbal

Hit-hat adalah jenis simbal yang terdiri dua simbal yang diletakkan dengan posisi saling berhadapan. Ketebalan simbol yang berada di bagian bawah sama juga dengan ketebalan di bagian atas.

3. Chinese Simbal 

Sesuai dengan namanya, alat musik ini diciptakan sebab adanya pengaruh budaya dari China. Alat musik ini hampir sama dengan simbal crash. Dimana, kedua mirip dari segi kegunaanya, yaitu dimainkan dalam drum set.

Sedangkan untuk perbedaannya terlihat dari bentuk dan ukurannya. Ukuran dari jenis simbal ini cukup beragam, mulai dari 8 inch hingga 20 inch.

Setip ukurannya tentu mempunyai kegunaan yang berbeda-beda. Sebab ukuran tersebut dapat mempengaruhi suara yang berbeda saat dipukul.

4. Crash Cymbals

Jenis simbal selanjutnya yaitu simbal crash, di mana bisa menghasilkan suara yang sangat keras dan tajam. Biasanya simbol ini sering digunakan untuk membuat aksen-aksen tegas di setiap pukulan dan penekanan not-not upbeat (sinkopasi).

Baca Juga  Cara Membuat Siomay yang Lezat dan Sederhana untuk Sobat Baca

Pada jenis musik bergenre rock maupun metal, jenis simbal ini pun dapat dimainkan seperti simbal hi-hat.

Fungsi Alat Musik Simbal

Fungsi Simbal
alicdn.com

Alat musik simbal mempunyai fungsi yang cukup beragam. Misalnya seperti sebagai koreografi, patokan dalam sebuah lagu, harmonisasi indah, mengatur jalannya irama, mengatur tempo dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, sebaiknya perhatikan penjelasan di bawah ini.

1. Koreografi

Salah satu fungsi alat musik simbal yaitu sebagai koreografi. Dengan adanya sibal dapat menambah kesan instrumen yang semakin bagus dan sempurna.

Walaupun bentuknya cukup sederhana, namun mampu memberikan peranan penting dalam koreografi musik.

2. Harmonisasi yang Indah

Alat musik simbal juga sering digunakan untuk memberikan pemberi harmonisasi sehingga terlihat indah dan sempurna.

Walaupun begitu, cukup sedikit yang memahami bahwa alat musik ini bisa membuat harmonisasi yang indah.

Akan tetapi, hal tersebut nggak berlaku bagi seorang musisi handal, karena ia sudah nggak asing lagi dengan harmonisasi yang dihasilkan dari simbal.

3. Patokan Masuk ke Dalam Sebuah Lagu Tertentu

Simbal juga berperan penting pada bagian-bagian tertentu lagu, misalnya tanda masuknya reff, intro, verse dan bagian lainnya.

Cukup banyak musisi ternama yang menggunakan alat musik ini sebagai patokan dari nada yang terdapat pada suatu musik yang dimainkan.

4. Mengatur Jalannya Irama

Fungsi berikutnya yaitu untuk mengatur jalannya irama. Sebab, alat musik ini bisa menjaga irama musik dengan cukup baik, bahkan bisa juga menjaga irama musik dengan berbagai macam genre lagu.

Jadi, cukup banyak yang bilang bahwa simbal ini menjadi salah satu aransemen musik terbaik.

5. Mengatur Tempo

Setiap memainkan musik tentu saja membutuhkan tempo. Sebab tempo menjadi salah satu komponen penting dalam karya musik.

Baca Juga  Melindas Ular dengan Motor Artinya?

Fungsinya untuk mengatur cepat atau lambatnya musik dimainkan. Simbal bisa dimainkan sebagai pengatur tempo yang terbilang sangat mudah dimainkan. Bahkan bisa juga berfungsi sebagai pengatur ketukan musik.

6. Pengarah Irama Lagu

Fungsi alat musik simbal yang terakhir yaitu bisa mengarahkan irama lagu. Dimana, Irama tersebut menjadi salah satu bagian penting untuk menciptakan kenyamanan agar bisa dinikmati pendengarnya.

Dengan adanya alat musik ini, setiap lagu maupun musik bisa diarahkan nadanya dengan sangat mudah. Sehingga semua instrumen musik mempunyai intonasi bunyi yang sesuai dengan genre.

Cara Bermain Alat Musik Simbal

Cara Bermain Simbal
wordpress.com

Teknik memainkan alat musik ini dengan cara diadukan, di mana kedua tangan memegang simbal tersebut kemudian saling diadu sehingga menghasilkan suara yang sangat keras.

Meskipun terlihat mudah, akan tetapi cara memainkan simbal nggak boleh sembarangan dan gak cuma asal pukul dengan memukul di bagian tepinya saja. Namun, usahakan memukulnya nggak terlalu keras.

Jadi, semakin keras simbal dipukul, maka semakin besar keras juga suara yang dihasilkan. Selain diadukan, ada juga simbal yang dipukul yakni simbal yang terdapat pada drum.

Sementara itu, alat musik ini memiliki tonjolan yang berada di bagian tengahnya, dengan diameternya ½ atau 1/3 saja. Dalam permainan drumband, jika tidak ada alat musik simbal maka akan terasa kurang ramai. 

Gimana? Sudah tahukan sejarah, jenis serta cara memainkan alat musik simbal? Jadi, bagi para pecinta musik, jangan pernah lelah untuk mempelajari dan memahami setiap instrumen dan tekniknya. Sebab hal tersebut berperan penting dalam bermain musik. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments