Sejauh Mungkin Chord: Kunci Dasar Gitar untuk Pemula

Hai Sobat Baca! Bagi para pemula yang ingin belajar bermain gitar, salah satu hal paling penting yang harus dipelajari adalah chord atau kunci dasar. Chord adalah kumpulan beberapa nada atau bunyi yang dimainkan secara bersamaan dan menjadi dasar dari sebuah lagu. Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas tentang chord sejauh mungkin, mulai dari yang paling dasar hingga yang lebih rumit. Yuk, simak!

1. Chord C

Chord C adalah salah satu chord dasar yang harus dikuasai oleh pemula. Untuk memainkannya, cukup letakkan jari telunjuk pada senar ketiga di fret pertama, jari tengah pada senar kedua di fret dua, dan jari manis pada senar pertama di fret tiga. Selanjutnya, jangan lupa juga memetik senar dengan benar. Chord C banyak digunakan dalam lagu-lagu populer seperti “Let It Be” dari The Beatles.

2. Chord G

Chord G juga termasuk chord dasar yang perlu dikuasai oleh pemula. Untuk memainkannya, letakkan jari telunjuk pada senar lima di fret kedua, jari tengah pada senar enam di fret tiga, dan jari manis pada senar satu di fret tiga. Chord G banyak digunakan dalam lagu-lagu rock dan pop seperti “Sweet Child O’Mine” dari Guns N’ Roses.

3. Chord D

Chord D adalah chord dasar lainnya yang harus dikuasai oleh pemula. Untuk memainkannya, letakkan jari telunjuk pada senar empat di fret kedua, jari tengah pada senar satu di fret tiga, dan jari manis pada senar tiga di fret dua. Chord D banyak digunakan dalam lagu-lagu seperti “Wonderwall” dari Oasis.

4. Chord A

Chord A juga termasuk chord dasar yang perlu dikuasai oleh pemula. Untuk memainkannya, letakkan jari telunjuk pada senar keempat di fret kedua, jari tengah pada senar ketiga di fret dua, dan jari manis pada senar kedua di fret dua. Chord A banyak digunakan dalam lagu-lagu populer seperti “Hey Jude” dari The Beatles.

5. Chord E

Chord E adalah chord dasar terakhir yang perlu dikuasai oleh pemula. Untuk memainkannya, letakkan jari telunjuk pada senar tiga di fret pertama, jari tengah pada senar lima di fret kedua, dan jari manis pada senar empat di fret dua. Chord E banyak digunakan dalam lagu-lagu seperti “Tears In Heaven” dari Eric Clapton.

Baca Juga  Apa Itu Teks Eksplanasi?

6. Chord F

Setelah menguasai chord dasar, kamu bisa mulai mempelajari chord yang lebih rumit seperti chord F. Untuk memainkannya, letakkan jari telunjuk pada senar dua di fret satu, jari tengah pada senar empat di fret dua, jari manis pada senar tiga di fret tiga, dan jari kelingking pada senar lima di fret tiga.

7. Chord Am

Chord Am adalah chord minor yang cukup mudah untuk dipelajari. Untuk memainkannya, letakkan jari telunjuk pada senar dua di fret satu, jari tengah pada senar empat di fret dua, dan jari manis pada senar tiga di fret dua. Chord Am banyak digunakan dalam lagu-lagu seperti “Hotel California” dari The Eagles.

8. Chord Dm

Chord Dm juga termasuk chord minor yang mudah untuk dipelajari. Untuk memainkannya, letakkan jari telunjuk pada senar satu di fret satu, jari tengah pada senar tiga di fret dua, dan jari manis pada senar dua di fret tiga. Chord Dm banyak digunakan dalam lagu-lagu seperti “Someone Like You” dari Adele.

9. Chord Em

Chord Em adalah chord minor lainnya yang perlu dipelajari. Untuk memainkannya, letakkan jari telunjuk pada senar lima di fret kedua, jari tengah pada senar empat di fret dua, dan jari manis pada senar tiga di fret satu. Chord Em banyak digunakan dalam lagu-lagu seperti “Everybody Hurts” dari R.E.M.

10. Chord Bm

Chord Bm adalah chord minor yang sedikit lebih rumit. Untuk memainkannya, letakkan jari telunjuk pada senar tiga di fret kedua, jari tengah pada senar lima di fret empat, dan jari manis pada senar empat di fret empat. Chord Bm banyak digunakan dalam lagu-lagu seperti “Nothing Else Matters” dari Metallica.

11. Chord C7

Chord C7 adalah chord dasar yang telah dimodifikasi dengan menambahkan satu nada ke dalamnya. Untuk memainkannya, letakkan jari telunjuk pada senar dua di fret satu, jari tengah pada senar satu di fret dua, dan jari manis pada senar tiga di fret tiga. Chord C7 banyak digunakan dalam lagu-lagu blues dan jazz.

Baca Juga  Doa Mukjizat Katolik: Rahasia Pengharapan dan Keajaiban

12. Chord G7

Chord G7 adalah chord dasar yang juga telah dimodifikasi dengan menambahkan satu nada ke dalamnya. Untuk memainkannya, letakkan jari telunjuk pada senar satu di fret dua, jari tengah pada senar tiga di fret dua, jari manis pada senar enam di fret tiga, dan jari kelingking pada senar lima di fret tiga. Chord G7 banyak digunakan dalam lagu-lagu blues dan jazz.

13. Chord D7

Chord D7 adalah chord dasar yang juga telah dimodifikasi dengan menambahkan satu nada ke dalamnya. Untuk memainkannya, letakkan jari telunjuk pada senar dua di fret kedua, jari tengah pada senar satu di fret dua, jari manis pada senar tiga di fret tiga, dan jari kelingking pada senar empat di fret tiga. Chord D7 banyak digunakan dalam lagu-lagu blues dan jazz.

14. Chord A7

Chord A7 adalah chord dasar yang juga telah dimodifikasi dengan menambahkan satu nada ke dalamnya. Untuk memainkannya, letakkan jari telunjuk pada senar satu di fret dua, jari tengah pada senar tiga di fret dua, jari manis pada senar dua di fret dua, dan jari kelingking pada senar empat di fret tiga. Chord A7 banyak digunakan dalam lagu-lagu blues dan jazz.

15. Chord E7

Chord E7 adalah chord dasar yang juga telah dimodifikasi dengan menambahkan satu nada ke dalamnya. Untuk memainkannya, letakkan jari telunjuk pada senar tiga di fret satu, jari tengah pada senar lima di fret dua, jari manis pada senar empat di fret dua, dan jari kelingking pada senar dua di fret tiga. Chord E7 banyak digunakan dalam lagu-lagu blues dan jazz.

16. Chord F#m

Chord F#m adalah chord minor yang lebih rumit. Untuk memainkannya, letakkan jari telunjuk pada senar satu di fret dua, jari tengah pada senar tiga di fret tiga, dan jari manis pada senar empat di fret empat. Chord F#m banyak digunakan dalam lagu-lagu seperti “Stairway to Heaven” dari Led Zeppelin.

Baca Juga  Twitter Sakit Mas Asli Jawa

17. Chord Bb

Chord Bb adalah chord yang cukup sulit untuk dipelajari karena memerlukan teknik barre. Untuk memainkannya, letakkan jari telunjuk pada senar enam di fret satu dan tekan semua senar ke bawah, sementara jari manis menekan senar lima, empat, dan tiga di fret tiga dan jari kelingking menekan senar dua dan satu di fret tiga. Chord Bb banyak digunakan dalam lagu-lagu seperti “Johnny B. Goode” dari Chuck Berry.

18. Chord Cm

Chord Cm adalah chord minor yang cukup sedikit rumit. Untuk memainkannya, letakkan jari telunjuk pada senar empat di fret ketiga, jari tengah pada senar lima di fret empat, dan jari manis pada senar tiga di fret lima. Chord Cm banyak digunakan dalam lagu-lagu seperti “Billie Jean” dari Michael Jackson.

19. Chord Gm

Chord Gm adalah chord minor yang juga termasuk chord yang lebih rumit. Untuk memainkannya, letakkan jari telunjuk pada senar ketiga di fret ketiga, jari tengah pada senar lima di fret lima, dan jari manis pada senar empat di fret lima. Chord Gm banyak digunakan dalam lagu-lagu seperti “Say You Love Me” dari Fleetwood Mac.

20. Chord D#

Chord D# atau Eb adalah chord yang perlu dikuasai oleh pemula. Untuk memainkannya, letakkan jari telunjuk pada senar empat di fret enam, jari tengah pada senar lima di fret delapan, dan jari manis pada senar tiga di fret delapan. Chord D# banyak digunakan dalam lagu-lagu seperti “Sweet Home Alabama” dari Lynyrd Skynyrd.

Kesimpulan

Sekarang sudah tahu kan, Sobat Baca, tentang sejauh mungkin chord yang perlu dikuasai oleh pemula. Jangan lupa untuk selalu berlatih dan memperdalam pengetahuan kamu tentang chord agar dapat bermain gitar dengan lebih baik. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments