Gambar Lapangan Softball Beserta Ukurannya

Sobat Baca yang budiman, selamat datang di artikel kami yang akan membahas tentang gambar lapangan softball beserta ukurannya. Bagi kalian yang suka bermain softball pasti sudah tak asing lagi dengan ukuran lapangan serta bagaimana tampilannya. Namun, bagi kalian yang belum mengenal, artikel ini akan memberikan gambaran lengkap tentang lapangan softball beserta ukurannya.

Apa itu Lapangan Softball?

Lapangan softball adalah lapangan yang digunakan untuk bermain softball, yakni olahraga yang mirip dengan bisbol. Permainan ini dimainkan oleh dua tim yang setiap tim terdiri dari sembilan pemain dengan tujuan untuk mencetak poin dengan memukul bola yang dilemparkan oleh pitcher lawan dan berlari sejauh mungkin hingga kembali ke home plate.

Ukuran Lapangan Softball

Lapangan softball memiliki bentuk bujur sangkar dengan ukuran panjang 60 kaki (18,29 meter) dan lebar 60 kaki (18,29 meter) untuk lapangan putri dewasa. Sedangkan untuk lapangan putra dewasa, ukurannya sedikit lebih besar yaitu panjang 65 kaki (19,81 meter) dan lebar 65 kaki (19,81 meter).

Detail Ukuran Lapangan Softball

Lapangan softball dibagi menjadi beberapa bagian yakni infield, outfield, dan foul territory. Infield memiliki ukuran panjang 27 kaki (8,23 meter) dan lebar 27 kaki (8,23 meter) dengan kondisi tempat pitcher berada di tengah-tengah area. Sedangkan outfield memiliki ukuran panjang 180 kaki (54,86 meter) dan lebar 180 kaki (54,86 meter) dengan kondisi pemain berada di luar area infield.

Detail Foul Territory Lapangan Softball

Foul territory adalah area di luar garis kotak infield dan home plate. Foul territory memiliki ukuran 20 kaki (6,10 meter) di sepanjang baseline ketika home plate sampai ke pertemuan garis yang menghubungkan first base dan third base. Sedangkan di luar garis tersebut, foul territory memiliki ukuran panjang dan lebar tidak terbatas.

Baca Juga  Story Telling Singkat

Bentuk Lapangan Softball

Lapangan softball memiliki bentuk bujur sangkar atau persegi panjang dengan diagonal sepanjang 85 kaki (25,91 meter). Diagonal ini menghubungkan kedua sudut base terhadap home plate.

Penjelasan Tentang Base dan Home Plate

Base pada lapangan softball terdiri dari tiga base yaitu first base, second base, dan third base. Base ini berbentuk segitiga sama kaki dengan sisinya berukuran 15 kaki (4,57 meter). Selain base tersebut terdapat home plate dengan ukuran 17 inci (43,18 cm) x 8,5 inci (21,59 cm).

Garisan dan Marka Pada Lapangan Softball

Garisan pada lapangan softball berwarna putih yang dibuat dari cat atau kapur lapangan. Garis kiri dan garis kanan yang berfungsi sebagai batas lapangan, serta garis foul untuk menentukan apakah bola dipukul keluar lapangan atau tidak. Selain garis, marka juga dibuat pada lapangan untuk menunjukkan posisi pitcher, base, dan home plate.

Material Lapangan Softball

Lapangan softball biasanya terbuat dari rumput sintetis atau pasir dan tanah. Namun, material tersebut bisa berbeda tergantung pada lokasi dan budaya lokal.

Permukaan Lapangan Softball

Permukaan lapangan softball harus rata dan flat. Lapangan ini harus memiliki drainase yang baik untuk menghindari genangan air yang dapat membuat permukaan lapangan licin dan berbahaya bagi pemain.

Batasan Area Penonton

Area penonton pada lapangan softball biasanya dibatasi oleh pagar atau garis putih yang terletak di sekitar area outfield. Pagar ini berfungsi sebagai batas antara area pemain dan penonton serta untuk menjaga keamanan penonton.

Perlengkapan yang Diperlukan untuk Bermain Softball

Untuk bermain softball, pemain membutuhkan perlengkapan yang terdiri dari bola softball, alat pemukul (bat), sarung tangan (glove), helm, dan sepatu khusus untuk softball.

Baca Juga  Urut Tradisional Terdekat

Keamanan dan Keselamatan dalam Bermain Softball

Ketika bermain softball, keamanan dan keselamatan harus menjadi prioritas utama. Pemain harus memakai perlengkapan yang lengkap dan memperhatikan kondisi lapangan agar terhindar dari cedera.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai gambar lapangan softball beserta ukurannya. Lapangan softball memiliki ukuran dan garis yang jelas untuk memudahkan pemain dalam bermain. Selain itu, pemain juga harus memperhatikan perlengkapan dan keselamatan saat bermain untuk menghindari cedera yang dapat terjadi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Baca yang ingin mengetahui lebih jauh tentang lapangan softball.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Lainnya!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments