Mengenal Penggunaan Kata “Does” dalam Bahasa Inggris

Hai Sobat Baca!

Apakah kamu sering mendengar kata ‘does’ dalam bahasa Inggris? Jika iya, apakah kamu sudah tahu penggunaannya secara tepat? Jangan khawatir, pada artikel ini kita akan membahas tentang penggunaan kata ‘does’ dalam bahasa Inggris dengan santai dan mudah dipahami.Sebelum kita membahas lebih jauh, kita harus tahu terlebih dahulu arti dari kata ‘does’. Dalam bahasa Inggris, kata ‘does’ merujuk pada bentuk ketiga dari kata kerja “do” yang artinya “melakukan”. Seperti halnya kata kerja lain, ‘does’ juga memiliki fungsi dan pola penggunaan yang berbeda tergantung dari konteks kalimatnya.

Penggunaan ‘Does’ sebagai Auxiliary Verb

Salah satu fungsi dari kata ‘does’ adalah sebagai auxiliary verb atau kata kerja bantu dalam kalimat tanya atau negatif untuk subjek tunggal ketiga (he, she, it). Contohnya adalah:- She does not drink coffee in the morning.- Does he like pizza?Dalam kalimat negatif, kata kerja bantu ‘does’ digunakan dengan menambahkan kata ‘not’ setelahnya (does not). Sedangkan dalam kalimat tanya, kata kerja bantu ‘does’ secara langsung diletakkan setelah subjek tunggal ketiga dan diikuti oleh verb dasar.

Penggunaan ‘Does’ dalam Kalimat Positif

Selain sebagai auxiliary verb dalam kalimat tanya atau negatif, kata ‘does’ juga dapat digunakan dalam kalimat positif untuk menekankan suatu hal. Sebagai contoh:- He does like spicy food, but he doesn’t eat it often.- She does play the guitar very well.- The baby does sleep through the night now.Dalam kalimat positif, penggunaan ‘does’ diikuti oleh verb dasar dan menempati posisi setelah subjek tunggal ketiga.

Penggunaan ‘Does’ dalam Pertanyaan Khusus

Selain fungsi-fungsi yang sudah dijelaskan di atas, kata ‘does’ juga dapat digunakan dalam pertanyaan khusus atau special question. Jenis pertanyaan ini biasanya digunakan untuk meminta informasi tentang waktu, tempat, dan cara melakukan suatu hal. Contohnya:- What does she do for a living?- Where does he usually go on weekends?- How does it work?Pada pertanyaan khusus ini, kata ‘does’ digunakan setelah kata tanya (what, where, how) dan sebelum subjek tunggal ketiga.

Baca Juga  Kunci Gitar Wali Dik - Belajar Musik Jadi Lebih Mudah

Kesimpulan

Nah, itu tadi beberapa penggunaan dari kata ‘does’ dalam bahasa Inggris. Jangan lupa bahwa kata ‘does’ mengikuti aturan verb agreement yang berlaku pada bahasa Inggris, yaitu selalu memperhatikan subjek dan verb dasarnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memperkaya pengetahuan kalian tentang bahasa Inggris. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya!

Artikel ini ditulis oleh AI (Artificial Intelligence) dan telah direview oleh manusia.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments