Zone Defence Adalah

Hai Sobat Baca, Apa Itu Zone Defence?

Zone defence merupakan sebuah strategi pertahanan dalam olahraga bola basket yang diterapkan oleh tim pertahanan untuk melindungi area tertentu pada lapangan dan menghalangi lawan dari menembak bola ke dalam ring. Pada dasarnya, pemain yang menjalankan taktik zone defence tidak akan menempel langsung pada pemain lawan seperti yang biasanya dilakukan dalam man-to-man defence.

Cara Kerja Zone Defence

Zone defence bekerja dengan cara menempatkan pemain pertahanan di area tertentu pada lapangan. Setiap pemain bertanggung jawab untuk menjaga dan melindungi zona yang diberikan. Jika pemain lawan masuk ke dalam zona yang dijaga, maka pemain pertahanan akan menghalangi dengan cara menempatkan dirinya di antara lawan dan bola.

Keuntungan Menggunakan Zone Defence

Salah satu keuntungan dari penggunaan zone defence adalah meminimalisir kemungkinan terjadinya “breakdown” pada pertahanan. Dalam man-to-man defence, jika seorang pemain melakukan kesalahan dalam menjaga pemain lawan yang ditugaskan, maka seluruh tim pertahanan akan terbuka dan pemain lawan akan mencetak skor dengan mudah. Dalam zone defence, karena pemain bertanggung jawab untuk menjaga zona tertentu, maka potensi kesalahan dapat diminimalisir.

Kelemahan dari Zone Defence

Namun, seperti strategi lainnya, penggunaan zone defence juga memiliki kelemahan. Kelemahan utama dari taktik ini adalah kesulitan dalam menghadapi pemain yang handal dalam menembak dari jarak jauh. Pemain yang memiliki akurasi tinggi dalam menembak dari jarak jauh dapat dengan mudah melewati pertahanan zona dan mencetak skor.

Strategi Menghadapi Zone Defence

Untuk menghadapi tim yang menerapkan taktik zone defence, tim lawan sebaiknya menggunakan beberapa strategi. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah melakukan teknik “ball movement” atau “pergerakan bola”. Dalam teknik ini, pemain bertukar-tukar posisi dan melempar bola dengan cepat, sehingga sulit bagi tim pertahanan untuk mengikuti pergerakan bola dan menempatkan diri di dalam zona yang dijaga.

Baca Juga  Kantor Go-Jek

Zone Defence di Bola Basket Modern

Dalam era bola basket modern, penggunaan zone defence semakin luas digunakan. Seringkali, tim-tim yang menggunakan zone defence mampu menghindari kelelahan yang terjadi pada pemain dalam man-to-man defence dan menjaga ketertiban dalam urutan permainan yang dijalankan.

Konklusi

Zone defence adalah sebuah strategi pertahanan yang sangat efektif dalam bola basket. Dalam taktik ini, pemain bertanggung jawab untuk menjaga zona tertentu pada lapangan dan menghalangi pemain lawan mencetak skor. Meskipun memiliki kelemahan, penggunaan zone defence masih menjadi pilihan strategi yang baik bagi tim-tim bola basket. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments