Tunjangan Fungsional Guru 2021

Hai Sobat Baca, kali ini kita akan membahas tentang tunjangan fungsional guru 2021. Sebagai seorang guru, tentunya kita ingin mendapatkan tunjangan yang layak untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Salah satu tunjangan yang bisa didapatkan oleh guru adalah tunjangan fungsional. Apa itu tunjangan fungsional?

Apa Itu Tunjangan Fungsional?

Tunjangan fungsional adalah tunjangan yang diberikan kepada guru yang telah memiliki sertifikat pendidik atau sertifikasi profesi. Sertifikasi ini diberikan berdasarkan kompetensi dan kualifikasi yang dimiliki oleh seorang guru. Dengan memiliki sertifikasi ini, guru akan dianggap memiliki kompetensi dan kualifikasi yang memadai dalam mengajar.

Tunjangan Fungsional di Tahun 2021

Tahun 2021, pemerintah telah menetapkan besaran tunjangan fungsional bagi guru. Besaran tunjangan fungsional tergantung pada jenjang pendidikan yang diampu oleh seorang guru. Untuk guru di jenjang SD dan SMP, besaran tunjangan fungsional sebesar 10% dari gaji pokok. Sedangkan untuk guru di jenjang SMA dan SMK, besaran tunjangan fungsional sebesar 12,5% dari gaji pokok.

Syarat Mendapatkan Tunjangan Fungsional

Untuk mendapatkan tunjangan fungsional, seorang guru harus memenuhi beberapa syarat. Syarat pertama adalah memiliki sertifikat pendidik atau sertifikasi profesi. Syarat kedua adalah aktif mengajar minimal 24 jam per minggu dan minimal 192 jam per semester. Selain itu, guru juga harus memiliki kompetensi dan kualifikasi yang memadai dalam mengajar.

Cara Mengajukan Tunjangan Fungsional

Bagi guru yang ingin mengajukan tunjangan fungsional, harus melengkapi beberapa dokumen. Dokumen yang harus dilengkapi antara lain adalah surat pengantar dari kepala sekolah, fotokopi sertifikat pendidik atau sertifikasi profesi, fotokopi SK pengangkatan sebagai guru tetap, dan surat pernyataan yang menyatakan bahwa guru bersedia diawasi dan dinilai oleh pengawas sekolah.

Baca Juga  Rembulan Ing Wengi Lirik

Manfaat Tunjangan Fungsional

Tunjangan fungsional memiliki manfaat yang signifikan bagi guru. Manfaat pertama adalah meningkatkan kualitas pengajaran. Dengan memiliki sertifikat pendidik atau sertifikasi profesi, guru diharapkan mampu mengajar dengan lebih baik. Manfaat kedua adalah meningkatkan motivasi dan profesionalisme guru. Dengan adanya tunjangan fungsional, guru merasa dihargai dan diapresiasi sehingga motivasi dan profesionalisme meningkat.

Panggilan untuk Pemerintah

Selain memberikan tunjangan fungsional, kita juga berharap pemerintah dapat mengembangkan program pengembangan kompetensi dan kualifikasi guru. Program ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pengajaran dan memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia. Dengan adanya program ini, diharapkan guru dapat memiliki kompetensi dan kualifikasi yang lebih baik sehingga mampu menghasilkan siswa yang berkualitas.

Kesimpulan

Tunjangan fungsional guru 2021 adalah tunjangan yang diberikan kepada guru yang telah memiliki sertifikat pendidik atau sertifikasi profesi. Besaran tunjangan tergantung pada jenjang pendidikan yang diampu oleh seorang guru. Untuk mendapatkan tunjangan fungsional, seorang guru harus memenuhi beberapa syarat. Dengan adanya tunjangan fungsional, guru dapat meningkatkan kualitas pengajaran dan memperbaiki motivasi dan profesionalisme. Selain itu, kita juga berharap pemerintah dapat mengembangkan program pengembangan kompetensi dan kualifikasi guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments