Struktur Teks Deskriptif

Hai Sobat Baca! Pernahkah kamu menulis teks deskriptif? Teks deskriptif adalah jenis teks yang bertujuan untuk menggambarkan atau menjelaskan suatu objek atau keadaan. Struktur teks deskriptif terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

Pendahuluan

Bagian pertama dari teks deskriptif adalah pendahuluan. Pada bagian ini, penulis perlu memperkenalkan objek yang akan dideskripsikan. Pendahuluan biasanya berisi gambaran umum tentang objek tersebut.

Ciri-ciri

Setelah memperkenalkan objek, penulis perlu menjelaskan ciri-ciri objek tersebut. Ciri-ciri ini bisa berupa fisik, bahan, warna, atau yang lainnya. Pada bagian ini, penulis perlu menjelaskan secara rinci agar pembaca dapat membayangkan objek tersebut dengan jelas.

Kelebihan

Setelah menjelaskan ciri-ciri, penulis perlu menulis kelebihan dari objek tersebut. Kelebihan bisa berupa manfaat atau keindahan dari objek tersebut. Penulis perlu menjelaskan dengan singkat dan padat agar pembaca dapat memahami dengan mudah.

Keterkaitan

Bagian terakhir dari teks deskriptif adalah keterkaitan. Pada bagian ini, penulis perlu menjelaskan hubungan objek tersebut dengan lingkungan sekitarnya atau dengan kehidupan sehari-hari. Penulis perlu memberikan contoh agar pembaca dapat memahami dengan mudah.

Contoh Teks Deskriptif

Berikut ini adalah contoh teks deskriptif tentang bunga matahari:

Bunga matahari adalah tumbuhan yang memiliki bunga besar dan bulat dengan batang tinggi dan daun besar. Bunga matahari biasanya bercabang dan memiliki banyak bunga kecil di setiap cabangnya. Bunga matahari memiliki warna kuning cerah yang membuatnya terlihat indah dan menawan. Bunga matahari dapat tumbuh dengan baik di daerah yang banyak sinar matahari. Kelebihan bunga matahari adalah bijinya dapat dimakan dan digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan minyak goreng. Bunga matahari juga dapat dijadikan hiasan di rumah atau di halaman. Keterkaitan bunga matahari dengan lingkungan sekitarnya adalah sebagai tempat bersarangnya serangga seperti lebah dan kupu-kupu. Bunga matahari juga dapat membantu mengurangi polusi udara dan menghasilkan oksigen.

Baca Juga  Chord Berapa Lama Aku Memikirkanmu

Kesimpulan

Jadi, struktur teks deskriptif terdiri dari pendahuluan, ciri-ciri, kelebihan, dan keterkaitan. Penulis perlu menjelaskan secara rinci agar pembaca dapat memahami dengan mudah. Contoh teks deskriptif di atas adalah tentang bunga matahari. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Baca yang sedang belajar menulis teks deskriptif.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments