Perbedaan Statistik dan Statistika

Hai Sobat Baca! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas perbedaan antara statistik dan statistika. Kedua kata ini memang terdengar mirip, namun sebenarnya memiliki makna yang berbeda. Yuk, mari kita simak bersama-sama!

Apa itu Statistika?

Statistika adalah cabang ilmu matematika yang mempelajari cara pengumpulan, analisis, interpretasi, dan penyajian data. Dalam statistika, kita mencoba mencari tahu pola atau kecenderungan dalam data yang diperoleh. Contohnya, kita bisa mencari tahu berapa persen siswa yang lulus ujian, berapa rata-rata nilai mereka, atau apakah beberapa faktor tertentu memengaruhi hasil ujian tersebut.

Apa itu Statistik?

Sedangkan statistik adalah sekumpulan angka atau data yang disajikan dalam bentuk tabel atau grafik. Statistik juga bisa merujuk pada ilmu atau teknik pengumpulan data. Contohnya, kita bisa mengumpulkan data dari survei yang dilakukan untuk mengetahui pendapat masyarakat tentang kualitas suatu produk atau layanan.

Perbedaan di Antara Kedua Kata Tersebut

Jadi, perbedaan mendasar antara statistik dan statistika adalah bahwa statistika merujuk pada data, sedangkan statistik merujuk pada ilmu yang mempelajari data. Statistik bisa menghasilkan statistik, tetapi statistik sendiri tidak bisa menghasilkan statistik. Statistika juga mencakup pengembangan metode dan teknik untuk pengumpulan dan analisis data.

Namun, terkadang orang bisa menggunakan kata-kata ini secara bergantian dan membingungkan. Hal ini terutama terjadi dalam bahasa Indonesia, di mana kata “statistik” sering diartikan sebagai data, dan kata “statistika” sering diartikan sebagai ilmu yang mempelajari data. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan penggunaan kedua kata ini dengan benar.

Contoh Penerapan Statistika dan Statistik

Misalnya, jika kita ingin mengumpulkan data tentang preferensi makanan di kalangan remaja, maka kita akan menggunakan teknik statistik untuk mengumpulkan dan menganalisis data tersebut. Setelah itu, kita bisa menggunakan statistik untuk menyajikan data dalam bentuk tabel atau grafik, sehingga lebih mudah dipahami.

Baca Juga  Belajar Chord Slank: Kuambil Gitar

Contoh lainnya adalah ketika kita ingin melakukan penelitian tentang faktor-faktor yang memengaruhi tingkat kebahagiaan seseorang. Kita bisa menggunakan teknik statistik untuk mengumpulkan data tentang kebahagiaan dan faktor-faktor yang memengaruhinya, seperti pendapatan, kesehatan, atau hubungan sosial. Setelah itu, kita bisa menggunakan statistik untuk menganalisis data tersebut dan mencari hubungan antara faktor-faktor tersebut dengan tingkat kebahagiaan.

Kesimpulan

Jadi, Sobat Baca, statistik dan statistika adalah dua istilah yang berbeda, meskipun terkadang digunakan secara bergantian. Statistika merupakan ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, analisis, interpretasi, dan penyajian data, sedangkan statistik merujuk pada data itu sendiri. Dengan memahami perbedaan antara kedua kata ini, kita dapat menggunakan istilah yang tepat saat berbicara tentang data dan ilmu yang mempelajarinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian, dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments