Moist Heat Cooking Adalah Teknik Memasak Yang Harus Kamu Tahu

Hai Sobat Baca, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang teknik memasak yang sering digunakan di dapur yaitu moist heat cooking. Teknik ini sering digunakan untuk memasak makanan yang memiliki tekstur lembut dan tidak mudah kering ketika dimasak dengan suhu tinggi.

Teknik memasak dengan moist heat cooking melibatkan penggunaan cairan atau uap air untuk memasak makanan. Makanan akan dimasukkan ke dalam cairan atau diletakkan di atas uap air selama waktu yang cukup lama, yang akan membuat makanan menjadi empuk dan matang dengan baik.

Beberapa Metode Moist Heat Cooking

Teknik moist heat cooking memiliki berbagai macam metode, antara lain:

1. Boiling

Boiling adalah metode memasak makanan dengan merebus dalam cairan atau air panas. Teknik ini sering digunakan untuk membuat sup atau kaldu, mengolah sayuran seperti kentang dan wortel, atau memasak telur dalam suasana yang lembut. Makanan akan matang dan meresap rasa dari cairan yang digunakan.

2. Poaching

Poaching adalah teknik memasak makanan yang dilakukan dengan merebus makanan dalam cairan atau air yang ringan atau lembut. Metode ini sering digunakan untuk memasak ikan, daging ayam, atau telur. Poaching membuat makanan tetap lembut dan tidak mudah kering.

3. Steaming

Steaming adalah metode memasak makanan dengan menggunakan uap air. Makanan diletakkan di atas wadah yang berlubang-lubang, lalu diletakkan di atas panci yang berisi air mendidih. Teknik ini sering digunakan untuk memasak sayuran, ikan, atau daging. Steaming membuat makanan tetap lembut dan tidak kehilangan rasa atau nutrisi yang penting.

4. Stewing

Stewing adalah teknik memasak makanan dengan menggunakan cairan atau kaldu, yang kemudian dimasak dalam waktu lama dengan suhu yang rendah. Metode ini sering digunakan untuk membuat sup atau gulai dengan campuran daging dan sayuran. Stewing membuat makanan tetap lembut dan nikmat.

Baca Juga  Chord ST 12 Asmara

5. Braising

Braising adalah metode memasak makanan yang dilakukan dengan merebus makanan dalam cairan atau kaldu, lalu memanggangnya dalam oven dengan suhu yang rendah. Metode ini sering digunakan untuk memasak daging atau ayam dengan rasa yang kuat dan empuk.

Keuntungan Menggunakan Moist Heat Cooking

Teknik memasak dengan moist heat cooking memberikan beberapa keuntungan, antara lain:

1. Makanan Tetap Empuk dan Lezat

Teknik ini membuat makanan tetap lembut dan tidak mudah kering. Makanan akan meresap rasa dari bahan yang digunakan, sehingga rasanya menjadi lebih sedap.

2. Pengecekan Mudah

Anda dapat dengan mudah memeriksa kematangan makanan saat memasak dengan teknik ini. Makanan tidak akan cepat terbakar, sehingga cukup mudah untuk memantau matangnya makanan.

3. Lebih Mudah dan Aman

Teknik moist heat cooking sering digunakan karena lebih mudah dan aman dibandingkan dengan teknik memasak lainnya. Anda tidak perlu banyak memutar otak untuk memasak makanan dengan teknik ini.

Kesimpulan

Moist heat cooking adalah teknik memasak makanan dengan menggunakan cairan atau uap air. Teknik ini melibatkan penggunaan cairan atau uap air untuk memasak makanan dengan suhu yang rendah, sehingga makanan tetap empuk dan lezat. Metode ini memiliki berbagai macam metode, antara lain boiling, poaching, steaming, stewing, dan braising. Keuntungan dari teknik moist heat cooking termasuk makanan tetap empuk dan lezat, pengecekan matang yang mudah, serta teknik yang lebih mudah dan aman dibandingkan dengan teknik lainnya. Oleh karena itu, teknik ini cocok bagi Anda yang ingin memasak makanan dengan mudah dan enak.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments