Microsoft Siap Rilis Chip Pesaing Apple Silicon untuk Surface dan PC Windows

Microsoft dikabarkan sedang mempersiapkan diri untuk meluncurkan sebuah chip khusus untuk perangkat Surface dan PC Windows yang akan menjadi pesaing langsung dengan Apple Silicon. Menurut laporan dari Bloomberg, chip yang saat ini masih dalam tahap pengembangan itu akan menggunakan arsitektur ARM, mirip dengan chip yang digunakan oleh Apple pada MacBook dan komputer Mac lainnya.

Pada awal tahun ini, Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan mengadopsi chip ARM untuk perangkat Surface mereka, seperti Surface Pro X yang sudah menggunakan chip ARM dari Qualcomm. Namun, penggunaan chip ARM dalam komputer desktop dan laptop Windows masih terbatas. Microsoft sendiri membangun chip tersebut di dalam laboratorium yang disebut Microsoft Azure, dan ditargetkan akan selesai pada tahun 2023.

Penggunaan chip khusus oleh Microsoft ini diharapkan dapat memberikan keuntungan yang sama seperti Apple Silicon. Misalnya, penggunaan chip khusus dapat meningkatkan kinerja dan daya tahan baterai, serta memberikan kemampuan untuk menjalankan aplikasi yang dirancang untuk arsitektur ARM dengan lebih baik.

Namun, Microsoft akan menghadapi tantangan besar dalam bersaing dengan Apple di pasar chip. Apple sudah memiliki pengalaman selama bertahun-tahun dalam merancang chip khusus untuk produk mereka sendiri, termasuk dalam MacBook dan iPhone. Selain itu, Apple juga memiliki kendali yang lebih besar terhadap ekosistem perangkat keras dan lunak mereka.

Namun, dengan adopsi yang lebih luas dari teknologi ARM di perangkat Surface dan Windows, Microsoft memiliki peluang besar untuk mengurangi ketergantungan pada vendor chip lain seperti Intel dan AMD, dan memperkuat posisi mereka di pasar PC. Bagaimanapun, keberhasilan Microsoft dalam membangun chip khusus akan menjadi tantangan besar bagi mereka dalam beberapa tahun ke depan.

Baca Juga  Kunci Gitar Bukti: Cara Mudah Memainkannya
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments