Makanan Khas Boyolali

Hai Sobat Baca! Kali ini kita akan membahas tentang kuliner khas Boyolali yang tentunya sayang untuk dilewatkan. Wilayah ini memang terkenal dengan berbagai macam makanan lezat yang bisa kamu temukan di setiap sudutnya. Yuk, simak ulasan berikut ini dan jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi satu persatu hidangan khas Boyolali.

Gudeg Mercon

Gudeg Mercon menjadi salah satu kuliner khas yang sangat terkenal di Boyolali. Makanan ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan berbagai bumbu seperti gula merah, kelapa, daun salam, dan rempah-rempah. Namun, yang membuat Gudeg Mercon ini begitu istimewa adalah karena pedasnya yang melegenda. Rasanya begitu nikmat dan sangat cocok disantap dengan nasi hangat di siang hari yang panas.

Empal Gentong

Jika kamu mencari menu makan siang yang kaya akan rasa, Empal Gentong bisa menjadi pilihan yang tepat. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan berbagai bumbu seperti cabe, bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah. Kemudian, daging sapi tersebut dimasak dengan kuah santan yang gurih dan lezat. Tak heran jika Empal Gentong ini punya penggemar yang setia dan rela datang dari jauh hanya untuk mencicipi hidangan ini.

Sate Kere

Sate Kere adalah hidangan sate yang cukup terkenal di Boyolali. Makanan ini terbuat dari daging ayam atau sapi yang diolah dengan bumbu rempah khas Boyolali. Kemudian, daging tersebut dibakar dan disajikan bersama bumbu kacang yang lezat. Sate Kere ini memiliki rasa yang cukup unik dan berbeda dengan sate pada umumnya. Jika kamu mencari makanan yang pedas dan lezat, Sate Kere patut dicoba.

Tahu Gimbal Pak Pong

Tahu Gimbal Pak Pong menjadi salah satu kuliner legendaris yang sudah ada sejak tahun 1950. Makanan ini terbuat dari tahu goreng, telur pindang, dan gimbal yang disiram dengan bumbu kacang yang lezat. Tak hanya enak, Tahu Gimbal Pak Pong juga cukup murah sehingga banyak orang bisa menikmatinya tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Baca Juga  Chord Sisa Rasa

Wedang Ronde

Wedang Ronde adalah minuman hangat khas Boyolali yang terkenal dengan rasa manis dan legit. Minuman ini terbuat dari bola-bola ketan isi kacang hijau atau wijen yang disajikan dalam kuah jahe yang nikmat. Wedang Ronde biasanya dijadikan sebagai teman ngobrol di tengah malam saat cuaca yang dingin dan suasana hati yang sedang tidak baik.

Sate Maranggi

Sate Maranggi adalah kuliner khas Boyolali yang cukup populer di wilayah Jawa Tengah. Makanan ini terbuat dari daging sapi, kemudian dipotong-potong dan ditusuk dengan bambu. Daging sapi tersebut kemudian dibakar dengan arang dan disajikan dengan bumbu kacang yang lezat. Sate Maranggi ini memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dengan sate pada umumnya, karena menggunakan daging sapi yang lebih empuk dan dibumbui dengan bahan-bahan yang khas.

Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah hidangan khas Surabaya yang juga populer di Boyolali. Makanan ini terbuat dari irisan cingur, yang merupakan bagian dari kepala sapi yang dimasak dengan berbagai bumbu seperti kacang tanah, cabai, dan petis. Kemudian, cingur ini diiris tipis dan dicampur dengan buah-buahan seperti mangga, nanas, dan kedondong. Meskipun terkesan sedikit aneh, namun rasa Rujak Cingur ini begitu enak dan cocok untuk kamu yang ingin mencoba hidangan yang berbeda.

Nasi Tumpang

Nasi Tumpang adalah menu sarapan khas Boyolali yang cukup populer. Makanan ini terbuat dari nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan diisi dengan telur, ayam, abon, dan sambal. Cara penyajian Nasi Tumpang ini cukup unik, yaitu dengan membuka lapisan daun pisang secara berurutan sehingga mengeluarkan aroma yang khas dari makanannya.

Es Dawet Ayu

Es Dawet Ayu adalah minuman khas Boyolali yang terbuat dari air kelapa, serutan es, gula merah, dan dawet. Dawet adalah bola-bola hijau kecil yang terbuat dari tepung ketan dan dipadukan dengan santan kelapa yang kental. Es Dawet Ayu ini cocok untuk menyegarkan tubuh pada saat cuaca sedang panas.

Baca Juga  Beijing Pools Hari Ini: Jadwal, Harga Tiket, dan Lokasi

Bakso Bakar Pak Kribo

Bakso Bakar Pak Kribo adalah makanan khas Boyolali yang cukup terkenal. Makanan ini terbuat dari bakso sapi yang dibakar dengan arang dan dilumuri dengan saus pedas khas Pak Kribo. Meskipun cukup sederhana, namun Bakso Bakar Pak Kribo ini memiliki rasa yang begitu nikmat dan bikin kamu ingin kembali lagi.

Sate Klathak

Sate Klathak adalah kuliner khas Boyolali yang cukup unik. Makanan ini terbuat dari daging sapi atau ayam yang dipotong tipis-tipis dan ditusuk dengan kayu yang sudah dikeringkan. Daging sapi tersebut kemudian dibakar dengan arang dan disajikan dengan bumbu kacang yang lezat. Sate Klathak memiliki rasa yang begitu gurih dan cocok disantap sebagai menu sarapan atau makan siang.

Kue Getuk Goreng

Kue Getuk Goreng adalah kuliner khas Boyolali yang terbuat dari singkong atau ubi jalar yang dihaluskan dan dicampur dengan kelapa parut dan gula merah. Kemudian, adonan tersebut digoreng hingga matang dan disajikan dengan taburan wijen. Kue Getuk Goreng ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis dan gurih.

Jenang Ketan

Jenang Ketan adalah kuliner khas Boyolali yang terbuat dari ketan hitam yang dimasak dengan santan dan gula merah. Jenang Ketan ini memiliki rasa yang cukup legit dan enak disantap pada saat cuaca sedang dingin. Banyak yang mengatakan bahwa Jenang Ketan ini dapat memberikan rasa hangat pada tubuh.

Tutug Oncom

Tutug Oncom adalah makanan khas Boyolali yang terbuat dari nasi dan oncom (bunga soya). Nasi tersebut kemudian diaduk dengan berbagai bahan seperti cabai, daun jeruk, daun salam, dan rempah-rempah. Kemudian, oncom yang sudah matang dicampur dengan bumbu kecap manis. Tutug Oncom ini memiliki rasa yang cukup unik dan cocok dijadikan sebagai menu sarapan atau makan malam.

Soto No’kire

Soto No’kire adalah makanan khas Boyolali yang terbuat dari daging sapi, tulang, dan sumsum tulang. Kuah soto ini kemudian dicampur dengan berbagai bumbu seperti kacang tanah, bawang merah, bawang putih, daun bawang, dan rempah-rempah. Soto No’kire ini memiliki rasa yang begitu gurih dan lezat, cocok disantap kapan saja baik siang atau malam hari.

Baca Juga  Chord Thomas Arya Dermaga Biru: Lirik dan Kunci Gitar

Es Podeng

Es Podeng adalah minuman khas Boyolali yang terbuat dari campuran jeruk nipis, gula merah, air kelapa, dan es serut. Es Podeng ini sangat segar dan cocok untuk dinikmati di tengah cuaca panas. Tak hanya itu, rasa manis dan asamnya yang seimbang membuat Es Podeng ini menjadi hidangan yang sangat menarik untuk dicoba.

Tahu Tek

Tahu Tek adalah kuliner khas Boyolali yang terbuat dari tahu goreng yang dipotong kecil-kecil dan diberi topping seperti kecambah, taoge, telur, dan bumbu kacang yang lezat. Makanan ini memiliki rasa yang cukup gurih dan cocok dijadikan sebagai menu sarapan atau makan siang.

Soto Klaten

Soto Klaten adalah makanan khas Boyolali yang sering dijadikan sebagai menu sarapan oleh masyarakat setempat. Makanan ini terbuat dari daging ayam yang diiris tipis, kemudian dimasak dengan kuah bening yang gurih dan lezat. Soto Klaten juga disajikan dengan berbagai pelengkap seperti ketupat, telur, dan suwiran daging ayam.

Ongol-Ongol

Ongol-Ongol adalah kuliner khas Boyolali yang terbuat dari bahan dasar ubi jalar atau sagu yang dihaluskan, kemudian dicampur dengan santan dan gula merah. Adonan tersebut kemudian dibulatkan dan diberi taburan kelapa parut. Ongol-Ongol ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis dan legit.

Sambal Petis

Sambal Petis adalah sambal khas Boyolali yang terbuat dari petis udang, cabai, bawang merah, bawang putih, dan gula. Sambal Petis ini memiliki rasa yang cukup pedas dan enak disantap bersama dengan nasi putih dan lauk pauk.

Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa makanan khas Boyolali yang wajib kamu coba. Selain rasanya yang enak dan lezat, setiap kuliner khas Boyolali memiliki cerita dan sejarah yang menarik yang tak boleh dilewatkan. Selamat menikmati dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments