Juz 18 Surat Apa?

Hai Sobat Baca! Kali ini kita akan membahas mengenai juz 18 surat apa dalam Al-Quran. Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih dalam, kita perlu mengetahui dulu apa itu juz dalam Al-Quran. Juz merupakan pembagian Al-Quran menjadi 30 bagian yang setiap bagian memiliki jumlah surat yang berbeda-beda.

Juz 18 Al-Quran

Juz 18 Al-Quran terdiri atas 5 surat yakni surat Al-Muminun, An-Nur, Al-Furqan, Asy-Syu’ara, dan An-Naml. Jumlah ayat dari kelima surat tersebut adalah 194 ayat. Juz 18 sendiri termasuk ke dalam juz yang berisi surat-surat yang diturunkan di Mekkah.

Surat Al-Muminun sendiri merupakan surat yang memuat tentang wasiat Nabi Nuh kepada kaumnya agar bertaubat dan beriman kepada Allah SWT. Adapun surat An-Nur, merupakan surat yang memuat tentang perintah untuk melaksanakan hukuman bagi orang yang melakukan perbuatan zina.

Selanjutnya adalah surat Al-Furqan yang memuat tentang perbedaan antara yang hak dan yang batil. Sedangkan surat Asy-Syu’ara dan An-Naml merupakan surat yang berisi kisah-kisah para nabi dan juga tentang kekufuran bangsa Thamud dan Ad yang dijatuhi bencana oleh Allah SWT.

Manfaat Membaca Juz 18

Penting bagi kita untuk membiasakan diri membaca Al-Quran setiap hari. Begitu juga dengan juz 18. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan ketika membaca juz ini. Salah satunya adalah mendapatkan pahala dari Allah SWT. Dalam setiap hurufnya ada pahalanya yang besar.

Manfaat lainnya yaitu bisa mendapatkan ketenangan batin dan menjadi lebih dekat dengan Allah SWT. Dengan membaca Al-Quran, maka kita bisa mendapatkan penghiburan dan juga petunjuk dari-Nya. Selain itu, dengan membaca juz 18 kita juga bisa memperdalam pemahaman dan pengetahuan kita tentang agama Islam.

Baca Juga  1 Liter Berapa Kilogram?

Kesimpulan

Jadi, juz 18 Al-Quran terdiri atas 5 surat yakni surat Al-Muminun, An-Nur, Al-Furqan, Asy-Syu’ara, dan An-Naml. Kelima surat tersebut memuat berbagai kisah nabi serta perintah untuk menjalankan ajaran Islam. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan ketika membaca juz 18, seperti mendapatkan pahala dan juga memperdalam pemahaman kita tentang agama Islam. Oleh karena itu, kita sebaiknya membiasakan diri membaca Al-Quran setiap hari, termasuk juz 18.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik berikutnya, Sobat Baca!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments