Gambarlah Lapangan Softball Beserta Ukurannya

Selamat datang, Sobat Baca!

Hai, Sobat Baca! Apakah kalian suka bermain softball? Atau, apakah kalian sedang mencari tahu ukuran lapangan softball? Jika iya, maka kalian berada di tempat yang tepat. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang gambaran lapangan softball beserta ukurannya. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Lapangan softball adalah arena tempat pertandingan softball berlangsung. Lapangan terdiri dari empat bagian utama yaitu base, kotak karet, outfield dan infield. Pada lapangan softball ukuran standar, panjang lapangan adalah sekitar 60 kaki atau sekitar 18,29 meter.

Lapangan softball dibagi menjadi dua area, yaitu area infield dan outfield. Infield memiliki bentuk bujursangkar dan terdiri dari empat basis yang terhubung dengan garis diagonal. Basis berada di bagian sudut infield dan terletak dalam bentuk diamond. Sedangkan area outfield terletak di luar garis basis dan berbentuk oval yang memanjang.

Pada umumnya, stadium softball memiliki ukuran antara 200 hingga 275 kaki dalam area outfield. Sedangkan untuk infield, lapangan memiliki ukuran 60 kaki untuk pojok basis pertama dan ketiga, serta 84 kaki untuk garis tiga dan empat.

Di tengah-tengah lapangan softball, terdapat sebuah kotak khusus yang disebut kotak karet. Kotak karet memiliki ukuran 17 inci dalam satu sisi dan 24 inci pada sisi yang lain. Kotak tersebut terletak di sambungan antara basis pertama dan ketiga.

Basis dalam softball terdiri dari empat macam basis, yaitu basis pertama, kedua, ketiga dan homeplate atau basis keempat. Basis pertama hingga ketiga berbentuk segitiga dengan sisi sepanjang 15 kaki. Sedangkan untuk homeplate memiliki ukuran 17 inci, dan terletak di tepi kotak karet.

Baca Juga  Cara Mudah Bermain Chord Gitar Pingal

Berikut adalah ukuran lengkap setiap basis pada lapangan softball:

  • Basis pertama: 15 kaki
  • Basis kedua: 15 kaki
  • Basis ketiga: 15 kaki
  • Homeplate atau basis keempat: 17 inci

Sekarang, mari kita bahas ukuran height netting atau pagar di lapangan softball. Tinggi netting di lapangan softball bervariasi tergantung pada tinggi gerbang outfield. Biasanya, netting pada stadium softball memiliki tinggi sekitar 8-12 kaki.

Kini, mari kita bahas tentang pitching circle atau lingkaran lemparan. Lingkaran lemparan terletak di tengah-tengah wilayah infield dan berukuran sekitar 16 kaki dalam diameter. Wilayah ini digunakan oleh pitcher atau pemain yang melempar bola ke arah homeplate.

Untuk pitching rubber atau karet lemparan, ukurannya adalah 24 inci x 6 inci. Pitching rubber terletak di dalam lingkaran lemparan dan menjadi titik awal bagi pitcher ketika meluncurkan bola.

Terkait dengan warna garis pada lapangan softball, garis basis pertama dan ketiga sering dicat dengan warna putih. Sedangkan untuk garis outfield dan infield, sering kali menggunakan warna yang sama, yaitu warna hijau. Sedangkan lingkaran lemparan dicat dengan warna putih atau merah.

Berikut adalah ringkasan ukuran lapangan softball:

  • Ukuran lapangan: 60 kaki x 84 kaki
  • Panjang lapangan: 200-275 kaki
  • Kotak karet: 17 inci x 24 inci
  • Height netting atau pagar: 8-12 kaki
  • Pitching circle atau lingkaran lemparan: diameter 16 kaki
  • Pitching rubber atau karet lemparan: 24 inci x 6 inci

Kesimpulan

Maka, demikianlah artikel tentang gambarlah lapangan softball beserta ukurannya. Ukuran lapangan softball yang standar adalah 60 kaki x 84 kaki, serta memiliki tambahan area outfield seluas 200-275 kaki. Selain itu, terdapat beberapa wilayah lain yang memiliki ukuran standar, seperti kotak karet, basis, height netting atau pagar, dan lingkaran lemparan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Baca yang sedang mencari informasi seputar lapangan softball. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Baca Juga  Visi dan Misi OSIS SMA untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments