Gambar Lapangan Softball Beserta Ukuran

Introduction

Hai Sobat Baca, apakah kamu sedang mencari informasi tentang gambar lapangan softball beserta ukurannya? Jika iya, kamu berada di tempat yang tepat. Pada artikel kali ini, kami akan membahas secara lengkap mengenai gambar lapangan softball dan ukurannya. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Apa Itu Lapangan Softball?

Bagi kamu yang belum tahu, lapangan softball adalah lapangan yang digunakan untuk permainan softball. Softball adalah salah satu olahraga yang mirip dengan baseball. Permainan ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari sembilan orang pemain. Tujuannya adalah untuk mencetak angka dengan menyentuh basis yang telah ditentukan. Lapangan softball memiliki bentuk segi empat berukuran 60-70 meter dengan lebar 30-40 meter.

Ukuran Lapangan Softball

Ukuran lapangan softball memiliki panjang 60-70 meter dan lebar 30-40 meter. Lapangan ini terdiri dari tiga bagian, yaitu infield, outfield, dan foul line. Infield berukuran 27,5 x 18 meter, sedangkan outfield berukuran 90,1 x 76,2 meter. Foul line memiliki panjang 60 meter. Jarak antara base pertama dan base ketiga adalah 27,43 meter. Sedangkan jarak base kedua dan base ketiga adalah 27,43 meter juga. Jarak antara base pertama dan base kedua adalah 18,29 meter.

Gambar Lapangan Softball

Berikut gambar lapangan softball beserta ukurannya:

Gambar Lapangan SoftballSource: bing.com

Deskripsi Lapangan Softball

Secara umum, lapangan softball memiliki dua daerah yang berbeda, yaitu infield dan outfield. Infield adalah area kecil yang terletak di tengah lapangan. Infield terdiri dari empat bagian, yaitu home plate, base pertama, base kedua, dan base ketiga. Home plate adalah area di mana pemain softball berdiri dan memukul bola. Base pertama, base kedua, dan base ketiga adalah titik-titik di mana pemain dapat berlari agar tidak tertangkap oleh lawan. Foul line adalah garis demarkasi di lapangan softball yang menandai batas area yang dianggap sebagai bola foul.

Baca Juga  Chord Pintu Taubat: Lirik Lagu dan Chord Gitar

Ukuran Home Plate

Ukuran home plate adalah 0,43 x 0,43 meter. Home plate diletakkan di tengah-tengah infield di sebelah kiri dan harus sejajar dengan base pertama dan base ketiga. Di atas home plate terdapat sebuah zona yang dikenal sebagai strike zone.

Ukuran Base

Pada lapangan softball, base memiliki ukuran 38 x 38 x 5 cm dan diletakkan di tengah-tengah setiap bagian infield. Base pertama, base kedua, dan base ketiga harus berada pada garis imajiner yang membentuk sebuah segitiga. Jarak antara base pertama dan base ketiga harus sama dengan jarak antara base pertama dan base kedua.

Ukuran Foul Line

Ukuran foul line adalah sepanjang 60 meter. Garis ini merupakan batas dari area yang dianggap sebagai bola foul. Jika bola dipukul melewati garis foul line, maka bola dianggap sebagai foul ball.

Jarak Di Antara Base

Jarak antara base pertama dan base ketiga adalah 27,43 meter, sementara jarak antara base kedua dan base ketiga juga 27,43 meter. Jarak antara base pertama dan base kedua adalah 18,29 meter. Jarak ini diukur dari garis tengah home plate sampai ke masing-masing base.

Jarak Outfield

Outfield adalah area di luar infield dan berada di sekitar lapangan. Jarak outfield memiliki panjang 76,2 meter dan lebar 90,1 meter. Jarak outfield diukur dari home plate sampai ke dinding outfield.

Jarak Pitcher’s Mound

Pitcher’s mound adalah area yang di dalamnya terdapat lemparan bola ke catcher. Pitcher’s mound berada di tengah-tengah infield dan diukur dari home plate. Jarak pitcher’s mound ke home plate pada lapangan softball adalah sekitar 14 meter.

Ukuran Bullpen

Bullpen adalah area di mana pemain cadangan berada dan melakukan pemanasan sebelum masuk ke pertandingan. Bullpen terletak di sebelah outfield dan memiliki ukuran 3 x 7 meter.

Baca Juga  Chord Lagu Hal Hebat

Ukuran Dugout

Dugout adalah pelindung untuk pemain yang tidak sedang bertanding. Dugout terletak di sisi kiri dan kanan home plate. Dugout memiliki ukuran 3 x 7 meter.

Kesimpulan

Demikianlah artikel mengenai gambar lapangan softball beserta ukurannya. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam mencari informasi tentang lapangan softball. Jika kamu ingin menambahkan informasi lainnya, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments