fungsi quick access toolbar

Fungsi Quick Access Toolbar di Microsoft Office

Salam Sobat Baca, kali ini kita akan membahas tentang fungsi Quick Access Toolbar atau disingkat QAT di Microsoft Office. Mungkin kamu sering melihat tampilan Office yang sama, namun tahukah kamu bahwa di bagian atas toolbar terdapat sebuah tombol yang fungsinya sangat membantu? Yap, tombol tersebut adalah QAT. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang apa itu QAT dan manfaatnya bagi pekerjaan harian kita.

Apa itu Quick Access Toolbar?

QAT merupakan toolbar mini yang terdapat di bagian atas dokumen Microsoft Office. Pada dasarnya, toolbar ini berfungsi untuk menyimpan perintah-perintah yang sering digunakan oleh pengguna sehingga mempermudah akses ke perintah-perintah tersebut. QAT bisa diatur sesuai kebutuhan pengguna dan perintah apa saja yang sering digunakan. Konsep ini diperkenalkan pada Microsoft Office 2007 dan telah menjadi fitur standar sejak saat itu.

Cara Menggunakan Quick Access Toolbar

Untuk mengatur dan menggunakan QAT tidaklah sulit. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:1. Pada bagian atas dokumen, klik kanan pada tombol QAT.2. Pilih perintah yang ingin kamu tambahkan ke QAT.3. Perintah tersebut akan muncul di toolbar dan bisa kamu akses dengan mudah.4. Kamu bisa mengubah urutan perintah pada QAT dengan cara drag and drop ke tempat yang diinginkan.5. Kamu juga bisa menambahkan ikon perintah, mengedit perintah, atau menghapus perintah dari QAT.

Manfaat Quick Access Toolbar

Fungsi utama dari QAT adalah mempermudah akses ke perintah yang sering digunakan. Dalam pekerjaan harian kita sebagai pengguna Microsoft Office, tentu kita memiliki perintah yang sering kali digunakan. Contohnya seperti Bold, Italic, Underline, Paste, dan lain sebagainya.Dengan mengatur QAT, kamu bisa dengan mudah mengakses perintah-perintah tersebut tanpa harus mencari menu dan submenu yang rumit. Kamu juga bisa mengatur perintah yang sering digunakan dalam satu toolbar, sehingga tidak perlu lagi beralih ke menu-menu yang berbeda.Selain itu, QAT juga membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja. Dengan akses yang lebih cepat ke perintah-perintah yang sering digunakan, kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan efektif.

Baca Juga  Korban Janji Chord: Ketika Tidak Semua yang Diucapkan Bisa Dipercaya

Perintah yang Cocok untuk Quick Access Toolbar

Mungkin kamu bertanya-tanya, perintah apa saja yang cocok untuk ditambahkan ke QAT? Berikut adalah beberapa perintah yang sering digunakan dan cocok untuk diatur di QAT:1. Bold, Italic, dan Underline.2. Cut, Copy, dan Paste.3. Numbering dan Bullets.4. Font Size dan Font Style.5. Undo dan Redo.6. Save dan Print.Namun, perintah apa saja yang ditambahkan ke QAT tergantung dari kebutuhan masing-masing pengguna. Jadi, kamu bisa menyesuaikan perintah yang sering digunakan dengan kebutuhan pekerjaan.

Kesimpulan

Quick Access Toolbar adalah fitur yang sangat berguna dan membantu pekerjaan kita sehari-hari. Dengan mengatur QAT, kita bisa mengakses perintah-perintah yang sering digunakan dengan lebih cepat dan efektif. QAT juga membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja secara keseluruhan.Jadi, jangan ragu untuk mengatur QAT pada Microsoft Office yang kamu gunakan. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments