Contoh Soal Mikrometer Sekrup

Hai Sobat Baca! Kali ini kita akan membahas tentang contoh soal mikrometer sekrup. Sebelum itu, kita perlu mengetahui apa itu mikrometer sekrup. Mikrometer sekrup adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur ketebalan benda dengan ketelitian lebih tinggi. Alat ini sering digunakan di bidang industri, teknik, dan percetakan.

Contoh Soal Mikrometer Sekrup

Berikut ini adalah beberapa contoh soal mikrometer sekrup yang dapat membantu Anda memahami cara mengoperasikan alat ini:

  1. Sebuah kawat tembaga memiliki ketebalan 0,4 mm. Berapa hasil ukuran kawat tembaga tersebut jika diukur dengan mikrometer sekrup?
  2. Suatu benda berbentuk silinder memiliki diameter 5,4 cm. Berapa hasil ukuran diameter tersebut jika diukur dengan mikrometer sekrup?
  3. Sebuah plat baja memiliki ketebalan 1,2 mm. Berapa hasil ukuran ketebalan plat baja tersebut jika diukur dengan mikrometer sekrup?
  4. Sebuah bola biliar memiliki diameter 5,7 cm. Berapa hasil ukuran diameter bola biliar tersebut jika diukur dengan mikrometer sekrup?

Untuk menghitung hasil ukuran pada mikrometer sekrup, Anda perlu mengetahui cara membaca skala pada alat tersebut. Skala pada mikrometer sekrup terdiri dari dua jenis, yaitu skala gelang dan skala nonius. Skala gelang digunakan untuk mengukur banyak putaran sekrup, sedangkan skala nonius digunakan untuk mengukur ketebalan benda yang ingin diukur.

Untuk menghitung hasil ukuran, caranya adalah dengan menjumlahkan nilai yang terbaca pada skala gelang dan skala nonius. Nilai pada skala gelang dibaca pada garis luar, sedangkan nilai pada skala nonius dibaca pada garis dalam.

Misalkan pada contoh soal nomor 1, skala gelang pada mikrometer sekrup menunjukkan nilai 2, sedangkan skala nonius menunjukkan nilai 0,4 mm. Maka, hasil ukuran kawat tembaga tersebut adalah:

Baca Juga  Tribune News Indonesia, Situs Berita Terkini dan Terpercaya

2 + 0,4 = 2,4 mm

Demikian juga pada contoh soal nomor 2, skala gelang pada mikrometer sekrup menunjukkan nilai 5, sedangkan skala nonius menunjukkan nilai 0,4 mm. Maka, hasil ukuran diameter benda tersebut adalah:

5 + 0,4 = 5,4 mm

Kesimpulan

Dalam mengoperasikan mikrometer sekrup, Anda perlu memahami cara membaca skala pada alat tersebut. Dengan memahami cara mengoperasikan mikrometer sekrup, Anda dapat mengukur ketebalan atau diameter benda dengan ketelitian yang lebih tinggi. Ingatlah untuk selalu melakukan kalibrasi pada alat ini untuk memastikan hasil ukuran yang akurat.

Terima kasih Sobat Baca telah membaca artikel ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments