Belajar Bermain Gitar: Chord SID Jadilah Legenda

Hai Sobat Baca,

Jika Anda seorang pecinta musik dan ingin mempelajari teknik bermain gitar, maka artikel ini cocok untuk Anda. Kali ini kita akan membahas tentang chord SID, sebuah band legendaris asal Yogyakarta yang berhasil mencuri perhatian banyak orang dengan karya-karyanya yang menginspirasi. Salah satu lagu yang paling terkenal dari SID adalah “Jadilah Legenda” yang juga populer dengan chord-nya yang sederhana. Bagi yang ingin belajar bermain gitar, maka chord SID jadilah legenda bisa menjadi awal yang baik.

Apa itu chord SID?

Sebelum memulai pembelajaran chord SID, ada baiknya kita mengenal siapa band SID itu terlebih dahulu. SID adalah singkatan dari “Superman Is Dead”, sebuah band punk rock yang dibentuk pada tahun 1995 di Bali dan saat ini berbasis di Yogyakarta. Band ini terdiri dari tiga personel, yaitu Bobby Kool (vokal dan gitar), Eka Rock (bass), dan Jerinx (drum). Band ini terkenal dengan lagu-lagunya yang kritis dan berani menyuarakan pendapat mereka melalui lirik-liriknya.

Chord SID Jadilah Legenda

Lagu “Jadilah Legenda” dari SID merupakan salah satu lagu yang paling terkenal dan menjadi inspirasi bagi banyak orang. Chord SID jadilah legenda terdiri dari empat akor, yaitu G, D, Em, dan C. Berikut adalah chord progression dari lagu tersebut:

G D Em C

G D Em C

G D Em C

G D Em C

Terdengar sederhana, bukan? Namun, chord SID jadilah legenda ini menjadi sangat populer karena lagu tersebut memang memiliki pesan yang kuat dengan lirik yang menginspirasi. Oleh karena itu, banyak orang yang ingin mempelajari chord tersebut untuk dapat memainkan lagu “Jadilah Legenda” di gitar mereka sendiri.

Cara Bermain Chord SID Jadilah Legenda

Untuk bermain chord SID jadilah legenda, sebenarnya cukup mudah. Pertama, pastikan gitar Anda telah di-stem agar tidak fals. Kemudian, arahkan ujung jari Anda ke senar yang diinginkan dan tekan dengan cukup kuat agar dengungannya terdengar jelas. Setelah itu, gantilah posisi jari Anda ke senar lainnya untuk memainkan chord berikutnya.Untuk chord SID jadilah legenda, Anda perlu memulainya dengan chord G. Letakkan jari telunjuk Anda di senar 3 fret ke-2, jari tengah di senar 6 fret ke-3, dan jari kelingking di senar 1 fret ke-3. Tekan ketiga jari tersebut dengan cukup kuat agar suara chord terdengar jelas.Setelah itu, geserlah jari telunjuk Anda ke fret ke-2 pada senar 5 dan biarkan jari tengah dan kelingking Anda di posisi semula untuk memainkan chord D. Kemudian, letakkan jari tengah Anda di fret ke-2 pada senar 4 dan jari kelingking pada fret ke-2 pada senar 5 untuk memainkan chord Em. Akhirnya, letakkan jari tengah pada fret ke-1 pada senar 2 dan jari telunjuk pada fret ke-1 pada senar 3 untuk memainkan chord C.

Baca Juga  Kunci Gitar Pupus

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang chord SID jadilah legenda yang bisa Anda coba pelajari. Meskipun terdengar sederhana, chord tersebut sangat populer karena liriknya yang menginspirasi. Belajar memainkan chord SID jadilah legenda bisa menjadi awal yang baik untuk mempelajari teknik bermain gitar yang lebih kompleks. Selamat mencoba!

Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments