Cara Membuat Siomay yang Lezat dan Sederhana untuk Sobat Baca

Siomay, Makanan yang Selalu Cocok di Lidah Indonesia

Hai Sobat Baca! Siapa yang tidak suka dengan siomay? Makanan tradisional yang berasal dari Tiongkok ini, bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Rasanya yang lezat, cocok untuk semua kalangan. Ada banyak jenis siomay yang biasa ditemui, salah satunya adalah siomay bandung. Di artikel kali ini, kami akan membagikan cara membuat siomay yang lezat dan sederhana. Yuk, simak artikel ini sampai habis.

Siomay terbuat dari campuran tepung sagu, udang cincang dan ikan tenggiri yang diolah secara khusus. Selain itu, siomay juga dilengkapi dengan bahan pelengkap seperti tahu, telur, kentang, dan kol. Rasa gurih, manis dan pedas membuat siomay selalu merajai pasar kuliner Indonesia.

Bahan-bahan yang Diperlukan :

1. 250 gram udang ukuran sedang, kupas dan cincang halus

2. 250 gram daging ikan tenggiri, haluskan

3. 150 gram tepung sagu

4. 2 siung bawang putih, haluskan

5. 1 buah telur ayam

6. 1 sendok teh garam

7. 1/2 sendok teh merica bubuk

8. Kulit pangsit sesuai kebutuhan

9. 2 buah tahu, potong dadu kecil

10. 2 buah kentang, potong dadu kecil

11. 2 lembar kol, iris tipis-tipis

12. Kecap manis, saus sambal dan air jeruk nipis secukupnya

Cara Membuat Siomay :

1. Campurkan ikan tenggiri yang sudah dihaluskan, udang cincang, bawang putih, telur, tepung sagu, merica bubuk, dan garam. Aduk semua bahan hingga rata.

2. Ambil selembar kulit pangsit, letakan sejumput adonan, dan rapatkan ujungnya. Lakukan hingga semua adonan habis, lalu kukus selama 20-25 menit.

3. Iris tahu, kentang dan kol, kemudian goreng hingga matang dan sedikit kecoklatan.

4. Siomay yang sudah matang, potong-potong sesuai selera, lalu sajikan bersama dengan tahu, kentang dan kol yang sudah digoreng tadi.

Baca Juga  Fungsi Pengadilan Negeri Adalah

5. Tambahkan kecap manis, saus sambal dan air jeruk nipis secukupnya untuk menambah citarasa siomay.

Jangan Lupa Beri Sentuhan Kreatif di Penyajiannya :

Agar lebih menarik dan mengundang selera, sobat baca dapat memberi sentuhan kreatif saat menyajikan siomay. Bisa dengan cara menata siomay di piring dengan rapi, menambahkan irisan telur rebus, maupun hiasan sayuran segar seperti wortel dan seledri.

Kesimpulan :

Cara membuat siomay tidak sulit. Sobat Baca dapat membuatnya dengan mudah di rumah. Selain enak, siomay juga sehat, karena terbuat dari bahan-bahan yang segar dan tidak mengandung bahan pengawet. Yuk buat siomay sendiri di rumah untuk keluarga tercinta, dan jangan lupa berikan sentuhan kreatif di penyajiannya. Selamat mencoba!

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments