Baso Aci Akang: Lezatnya Baso yang Bikin Ketagihan

Hai Sobat Baca! Siapa di antara kalian yang suka makan baso? Baso adalah salah satu makanan yang identik dengan Indonesia. Dalam bahasa Inggris, baso disebut dengan meatballs. Baso ada bermacam-macam jenisnya, salah satunya adalah baso aci akang.

Apa itu Baso Aci Akang?

Bagi kalian yang belum pernah mencoba baso aci akang, baso ini berbeda dengan baso biasanya. Baso aci akang terbuat dari tepung aci dan daging sapi giling yang kemudian dibentuk bulat-bulat seperti bola pingpong. Karena terbuat dari tepung aci, tekstur baso aci akang lebih kenyal dan sedikit elastis.

Asal Usul Baso Aci Akang

Baso aci akang berasal dari daerah Bandung. Kata ‘akang’ dalam bahasa Sunda berarti kakak laki-laki. Sehingga, baso aci akang artinya baso aci ala kakak laki-laki. Konon, baso aci akang sudah ada sejak tahun 1970-an dan sudah menjadi makanan favorit masyarakat Bandung.

Cara Membuat Baso Aci Akang

Untuk membuat baso aci akang, ada beberapa bahan yang dibutuhkan, di antaranya adalah tepung aci, daging sapi giling, bawang putih, merica, garam, dan daun bawang. Pertama-tama, campurkan daging sapi giling dengan bawang putih, merica, garam, dan daun bawang. Setelah itu, tambahkan tepung aci sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dipulung.

Bentuk adonan baso menjadi bola-bola kecil seperti bola pingpong. Rebus air dalam panci hingga mendidih, lalu masukkan baso ke dalam air. Jangan lupa aduk-aduk agar baso tidak saling menempel satu sama lain. Setelah baso matang, angkat dan tiriskan.

Cara Menikmati Baso Aci Akang

Baso aci akang paling nikmat disantap saat masih hangat. Baso bisa disajikan dengan berbagai macam kuah, seperti kuah kacang, kuah tomat, atau kuah kaldu. Selain itu, baso aci akang juga bisa dijadikan camilan dengan menambahkan saus sambal atau saus tomat di atasnya.

Baca Juga  Chord Terus Melangkah

Kelezatan dan Keunikan Baso Aci Akang

Rasa baso aci akang sangat unik karena terbuat dari tepung aci. Tekstur kenyalnya membuat baso terasa lebih lezat ketika dikunyah. Selain itu, rasa daging sapi giling yang tercampur dengan bumbu-bumbu lainnya membuat baso aci akang memiliki rasa yang begitu spesial.

Where to Find Baso Aci Akang

Bagi kalian yang ingin mencoba baso aci akang di luar kota Bandung, saat ini sudah banyak penjual baso aci akang yang menjajakan makanan ini di berbagai kota di Indonesia. Salah satunya adalah di Jakarta, ada beberapa tempat yang menyediakan baso aci akang dengan rasa yang tak kalah enaknya dengan baso aci akang di Bandung.

Kesimpulan

Baso aci akang adalah makanan khas Bandung yang sudah terkenal dengan kelezatannya. Terbuat dari tepung aci dan daging sapi giling, baso aci akang memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang unik. Bagi kalian yang belum pernah mencoba, jangan ragu untuk mencobanya ya Sobat Baca!

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments