Bahasa Inggrisnya Jam

Hi Sobat Baca!

Kita tentu tidak asing dengan jam, benda kecil yang selalu menemani aktivitas kita sehari-hari. Jam yang sering kita pakai adalah jam analog dan digital. Namun, apakah kamu tahu apa bahasa Inggrisnya jam? Yuk, simak artikel berikut!

Untuk memulainya, kita harus mengetahui bahwa jam dalam bahasa Inggris memiliki dua kata yang berbeda, yaitu “clock” dan “watch”.

“Clock” digunakan untuk perangkat penunjuk waktu yang berukuran besar seperti jam dinding dan jam menara. Sedangkan “watch” digunakan untuk perangkat penunjuk waktu yang kecil dan bisa dipakai di tangan seperti jam tangan.

Untuk menyebutkan angka pada jam analog dalam bahasa Inggris, kita gunakan sistem 12 jam atau 24 jam. Sistem 12 jam digunakan di negara-negara yang berbahasa Inggris seperti Amerika Serikat dan Inggris. Sedangkan sistem 24 jam digunakan di negara-negara Eropa.

Jadi, jika kita ingin menyebutkan pukul 5 sore menggunakan sistem 12 jam, kita harus mengatakan “five o’clock in the afternoon”. Sedangkan jika menggunakan sistem 24 jam, kita cukup mengatakan “seventeen hundred hours” atau “seventeen hours”.

Bagaimana dengan jenis jam lainnya seperti jam digital? Untuk menyebutkan angka pada jam digital, kita cukup menggunakan angka Arab atau “digits”, seperti “7.30” atau “09.45”.

Nah, selain itu kata “time” juga digunakan untuk menyebut waktu. Misalnya, “What time is it?” yang artinya “Jam berapa sekarang?”.

Tak ketinggalan, kata-kata seperti “hour”, “minute”, dan “second” juga digunakan untuk menyebut satuan waktu. Misalnya, “one hour” artinya “satu jam”, “ten minutes” artinya “sepuluh menit”, dan “thirty seconds” artinya “tiga puluh detik”.

Jika kamu sedang membuat jadwal atau agenda, kata “schedule” dapat kamu gunakan. Misalnya, “What’s on your schedule for today?” yang artinya “Ada apa di jadwalmu hari ini?”.

Baca Juga  Alphabet Bahasa Inggris: Panduan Lengkap untuk Sobat Baca

Bagaimana dengan istilah “jam kerja” dalam bahasa Inggris? Istilah ini disebut “working hours”. Misalnya, “Our working hours are from 9 a.m. to 5 p.m.” yang artinya “Jam kerja kami mulai dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore”.

Tak hanya itu, ada juga beberapa ungkapan yang berhubungan dengan waktu dalam bahasa Inggris seperti “on time”, “in time”, dan “time is up”. “On time” artinya tepat waktu, “in time” artinya masih sempat, dan “time is up” artinya waktu habis.

Kita juga tidak boleh lupa dengan waktu di pagi hari dan malam hari. Pagi hari bisa kamu sebut dengan “morning”, mulai dari jam 5 pagi hingga 11 pagi. Sedangkan malam hari bisa disebut dengan “evening”, mulai dari jam 6 sore hingga 10 malam.

Terakhir, untuk menyebutkan waktu yang belum pasti atau perkiraan, kita bisa menggunakan “about” atau “around”. Misalnya, “I’ll be there at around 7 p.m.” yang artinya “Aku akan datang sekitar jam 7 malam.”.

Simpulan

Dari artikel di atas, kita telah mengetahui bahwa bahasa Inggrisnya jam adalah “clock” dan “watch”. Selain itu, ada juga beberapa kata lain yang terkait dengan waktu seperti “time”, “hour”, “minute”, dan “schedule”. Semoga artikel ini bermanfaat dan membuat kamu semakin paham dalam berbahasa Inggris. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya ya, Sobat Baca!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments