Angka Romawi 4: Mengapa Menggunakan Angka Ini Begitu Kontroversial?

Hai, Sobat Baca! Apakah kamu pernah tahu tentang kontroversi yang terjadi di dunia penggunaan angka Romawi 4? Angka ini sebenarnya adalah angka yang biasa saja, namun ternyata banyak yang menganggapnya sebagai angka yang membawa sial. Pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih dalam tentang angka Romawi 4 ini.

Asal Usul Angka Romawi

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang angka Romawi 4, ada baiknya kita mengetahui sejarah dari angka Romawi itu sendiri. Angka Romawi berasal dari kebudayaan Romawi Kuno dan digunakan sejak abad ke-3 SM. Pada awalnya, angka Romawi hanya digunakan dalam bahasa Latin dan digunakan untuk menulis angka dan tanggal di batu nisan, prasasti, maupun dokumen-dokumen penting.

Mengapa Angka Romawi 4 Dianggap Membawa Sial?

Sekarang, mari kita kembali ke topik utama yaitu mengapa angka Romawi 4 dianggap membawa sial. Ternyata, angka Romawi 4 dianggap membawa sial karena ada beberapa alasan, yaitu:

Pertama, dalam bahasa Mandarin, angka 4 diucapkan seperti kata “si” yang artinya “mati”. Sehingga, banyak orang di Tiongkok dan Taiwan yang menghindari menggunakan angka ini.

Kedua, dalam bahasa Jepang, angka 4 diucapkan seperti kata “shi” yang artinya “mati” juga. Oleh karena itu, di Jepang, banyak gedung-gedung tinggi yang melewatkan lantai ke-4 sebagai tanda penghormatan terhadap kepercayaan masyarakat Jepang.

Ketiga, dalam beberapa budaya Barat, angka 4 dianggap membawa sial karena angka ini dihubungkan dengan konsep kegagalan, kesengsaraan, dan bahkan kematian. Hal ini mungkin karena angka 4 terdapat dalam ungkapan “four-letter words” yang merujuk pada kata-kata kotor dan kasar.

Apakah Angka Romawi 4 Benar-benar Membawa Sial?

Secara ilmiah, tidak ada bukti yang dapat membuktikan bahwa angka Romawi 4 membawa sial. Namun, kepercayaan masyarakat tentang angka ini tetap kuat dan dihormati. Di beberapa kasus, orang-orang bahkan rela membayar lebih mahal untuk mendapatkan nomor telepon atau nomor kendaraan yang tidak mengandung angka 4.

Baca Juga  Chordtela ST12 Istana Bintang: Chord Gitar dan Lirik Lagu

Contoh Penggunaan Angka Romawi 4 di dalam Budaya Populer

Meski dianggap membawa sial, angka Romawi 4 tetap sering digunakan dalam berbagai budaya populer seperti film, musik, game, dan sebagainya. Beberapa contohnya adalah:

1. Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides

2. Final Fantasy IV

3. Marvel Comics Fantastic Four

4. Street Fighter IV

Meski banyak yang menghindari angka Romawi 4, namun di sisi lain, angka ini juga dianggap sebagai angka yang berarti dan penting oleh beberapa orang. Misalnya, dalam Gereja Katolik, angka Romawi 4 diartikan sebagai simbol dari Kitab Suci karena Kitab Suci dibagi menjadi 4 bagian yaitu Perjanjian Lama, Perjanjian Baru, Mazmur, dan Kitab Suci Wijsheid.

Kesimpulan

Secara ilmiah, angka Romawi 4 tidak membawa sial. Namun, kepercayaan masyarakat tentang angka ini tetap kuat dan dihormati. Meski demikian, tidak ada salahnya untuk menghormati kepercayaan orang lain dengan tidak menggunakan angka ini di saat-saat yang dianggap penting. Lagipula, kita masih memiliki banyak alternatif lain seperti angka Arab atau bahkan angka lain yang tidak kita anggap sial.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments